Scroll to top

DPMPTSP MALTENG MELAKSANAKAN KEGIATAN SOSIALISASI PERIZINAN DAN NON PERIZINAN DI KECAMATAN LEIHITU
User

DPMPTSP MALTENG MELAKSANAKAN KEGIATAN SOSIALISASI PERIZINAN DAN NON PERIZINAN DI KECAMATAN LEIHITU

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Tahun 2021 di Kecamatan Leihitu, Sabtu (21/08/2021) yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Leihitu di Hila.
 
Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat/pelaku usaha, dengan melibatkan stakeholder perizinan terkait yang ada di Kecamatan Leihitu. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala DPMPTSP Malteng M. Tuakya, SH, MH. Dalam sambutannya Pak M. Tuakya, SH, MH menyampaikan tentang pentingnya penyelenggaraan OSS (Online Single Submission) atau yang disebut dengan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. "kalau dulu proses izinnya itu dilakukan secara manual, tapi sekarang sudah dilakukan secara online" papar Pak Kadis DPMPTSP Maluku Tengah.
 
Sementara dalam paparan Materi yang dibawakan oleh Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Ibu H. Latuamury, SE, M.Si, dijelaskan terkait Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS RBA).  Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem Online Single Submission (OSS) merupakan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. OSS Berbasis Risiko wajib digunakan oleh Pelaku Usaha, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas (KPBPB).
 
Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha. Sebagaimana diatur dalam ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Sistem OSS RBA ini nantinya akan menilai permohonan perizinan berusaha pada tingkatan risiko dan besaran skala kegiatan usaha. Tingkat Risiko Usaha Dalam OSS-RBA, perizinan usaha dikelompokkan berdasarkan tingkat risiko usahanya. Risiko usaha ini dibagi menjadi 4 tingkatan, diantaranya : Kegiatan usaha dengan tingkat risiko rendah; Kegiatan usaha dengan tingkat risiko menengah rendah; Kegiatan usaha dengan tingkat risiko menengah tinggi; Kegiatan usaha dengan tingkat risiko tinggi. Skala Usaha Selain dibagi berdasar tingkat usaha, dalam OSS-RBA juga dibagi berdasarkan skala kegiatan usaha, yakni : Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM); dan Usaha besar.
 
Melalui sistem OSS, para pelaku usaha yang berbentuk badan usaha maupun perorangan, baik itu usaha mikro, kecil, menengah, dan besar dapat dengan mudah mengurus proses perizinan. Diharapkan penggunaan OSS RBA ini akan lebih mempermudah masyarakat/pelaku usaha dalam pengurusan berbagai perizinan berusaha.

TAGS: daerah

Write a Facebook Comment

Leave a Comments