Scroll to top

Keunggulan Kabupaten Maluku Tengah

Keunggulan Kabupaten Maluku Tengah

FASILITAS DAN KEMUDAHAN BERINVESTASI
DI KABUPATEN MALUKU TENGAH

 

PERIZINAN MALUKU TENGAH
 
Pelayanan perizinan dan nonperizinan yang dilakukan oleh Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus perizinan dan nonperizinan dengan cepat, murah, mudah, transparan, pasti dan terjangkau.
Upaya peningkatan layanan perizinan dilaksanakan dengan menerapkan prinsip pelayananan prima, penetapan SOP, dan transparansi.
Dari 38 izin yang ada di Kabupaten Maluku Tengah, hanya ada 5 izin yang masih dipungut retribusi yaitu : Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol Gol A. B dan C, Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang dalam Trayek Perdesaan dan Perkotaan (Perizinan Usaha Angkutan Umum dan Izin Trayek), Izin Usaha Angkutan Laut (Surat Izin Perusahaan Angkutan Laut/SIUPAL) dan Izin Usaha Pelayaran Rakyat (SIUPER)
 
INFRASTRUKTUR
 
Untuk mendukung perkembangan ekonomi dan kemajuan masyarakat maka Pemerintah melakukan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung sehingga terbuka peluang investasi bagi dunia usaha di Kabupaten Maluku Tengah yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan masyarakat, antara lain :
 
JARINGAN JALAN DAN TRANSPORTASI
Pembangunan jalan raya sampai akhir tahun 2018 sudah mencapai 1.813.665 Km dimana 579,140 Km dikerjakan oleh Negara dan sudah ber aspal hotmix, sepanjang 254,130 Km juga beraspal hotmix. Sedangkan jalan yang dikerjakan oleh pemerintah Kabupaten sepanjang 980,395 Km, kondisinya adalah sepanjang 575,093 aspal, 258,360 Km pengerasan baru, dan 146,942 Km jalan hutan.
 
Untuk menghubungkan akses antar pulau di wilayah Kabupaten Maluku Tengah, pemerintah telah membuat pelabuhan di beberapa wilayah antara lain Tulehu, Hitu, Haria, Saparua, Kailolo, Ameth, Kota Masohi, Amahai, Tehoru, Wahai, Air Besar, Kobisadar dan Banda. Pelabuhan yang ada dimiliki oleh Kemenhub, Pemda, Pertamina, dan Perikanan. Pelabuhan yang tersedia untuk pelabuhan rakyat dan pelabuhan barang/bbm, yang dipakai kapal penumpang, feri dan kapal barang serta kapal ikan.
 
Bukan saja fasilitas perhubungan darat dan laut yang tersedia tetapi juga fasilitas perhubungan udara yang dapat melayani penerbangan dengan pesawat ukuran C-212. Pemerintah telah membangun bandara di Amahai, Banda dan Wahai. Ketika fasilitas perhubungan udara yang ada melayani keperluan masyarakat dari wilayah bersangkutan ke kota Ambon.
 
ENERGI LISTRIK
Penyediaan kebutuhan listrik di Kabupaten Maluku Tengah selama tahun 2018 menggunakan Pembangkit Listrik tenaga Diesel (PLTD). Tabel 2.2.2 menampilkan jumlah produksi listrik per kantor pelayanan selama tahun 2018 di Kabupaten Maluku Tengah. Jumlah listrik yang diproduksi selama tahun 2018 sebanyak 51.219.550 KWh dengan penggunaan listrik tertinggi ada di kantor pelayanan Masohi dimana terjual sebanyak 29.233.804 KWh.
 
JARINGAN AIR BERSIH
Pemenuhan air bersih di wilayah Kabupaten Maluku Tengah dilakukan melalui pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Masohi, yang telah menjangkau Kecamatan Banda, Kecamatan Tehoru, Kecamatan Kota Masohi, Kecamatan Teluk Elpaputih, Kecamatan Teon Nila Serua, Kecamatan Salahutu, Kecamatan Leihitu, Kecamatan Seram Utara dan kecamatan Seram Utara Timur Seti. Pada kesembilan kecamatan ini, pelayanan PDAM baru sebatas di wilayah ibukota kecamatan saja, kecuali di Kota Masohi yang menjangkau seluruh kelurahan. Untuk wilayah diluar wilayah pelayanan PDAM Masohi, masyarakat memenuhi kebutuhan air minum secara swadaya dan swakelola oleh desa. Tabel 2.2.3 memperlihatkan jumlah air bersih yang diproduksi dan distribusi pada wilayah pelayanan PDAM Masohi.
 
POS DAN TELEKOMUNIKASI
Untuk kelancaran komunikasi antar wilayah di dalam Kabupaten Maluku Tengah maupun dengan luar wilayah Kabupaten Maluku Tengah, masyarakat terpenuhi kebutuhannya melalui layanan PT (Persero) Pos Indonesia yang sudah ada kantor perwakilan di hampir semua kecamatan. PT (Persero) Pos Indonesia melayani pengiriman surat menyurat, pengiriman paket barang serta layanan transfer western union. Dengan semakin tingginya kebutuhan ekpedisi, maka selain keberadaan PT Pos Indonesia juga tersedia layanan ekspedisi Kerta Gaya, ekpedisi TIKI dan ekspedisi JNE (khusus dua terakhir masih berupa agen penyampai saja). Sedangkan kebutuhan komunikasi dilayani oleh PT Telkom dan Telkomsel. Sampai akhir tahun 2018 telah terlayani kebutuhan telepon dengan kapasitas sentral sebanyak 4.920 yang penyebarannya sebanyak 3.152 di Masohi, 784 di Banda neira, 912 di Saparua dan 72 di Wahai (Seram Utara). Selebihnya masyarakat di semua kecamatan sudah menggunakan fasilitas telepon seluler dengan operator telkomsel dalam berkomunikasi dan kebutuhan mengakses internet, walaupun di beberapa bagian yang belum terpasang BTS masing sulit mendapatkan signal seluler.
 
PERBANKAN
Saat ini di Kabupaten Maluku Tengah telah beroperasi Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebanyak 1 BRI Cabang Masohi dengan 9 BRI Unit Pembantu, Bank Maluku sebanyak 1 Bank Maluku Cabang Masohi dengan 6 Bank Maluku Cabang Pembantu, Bank Negara Indonesia (BNI) sebanyak 1 BNI Cabang Masohi, Bank Mandiri sebanyak 1 Bank Mandiri Cabang Masohi, Bank Modern Express sebanyak 1 Bank Modern Expres Cabang Masohi, 1 Bank Danamon Cabang Masohi, 1 BPTP serta berbagai lembaga keuangan mikro seperti Adira Finance, FIF, Mandala Finance, dll. Hal ini menunjukkan jumlah transaksi keuangan yang semakin tinggi di wilayah Kabupaten Maluku Tengah.