Scroll to top

Profil Kabupaten Maluku Tengah

Profil Kabupaten Maluku Tengah

PROFIL KABUPATEN MALUKU TENGAH
 
VISI DAN MISI
”Mewujudkan Maluku Tengah yang lebih Maju, Sejahtera, dan Berkeadilan
dalam Semangat Hidup Orang Basudara”
 
Dalam rangka mewujudkan Visi Pembangunan Daerah Kabupaten Maluku Tengah maka ditetapkanlah Misi Pembangunan Daerah Kabupaten Maluku Tengah sebagai berikut :
  1. Membangun masyarakat Maluku Tengah yang lebih sehat, cerdas dan profesional;
  2. Meningkatkan perekonomian Maluku Tengah yang mandiri, berdaya saing, kuat, yang berpihak kepada masyarakat miskin;
  3. Meningkatkan ketersediaan dan kualitas sarana dan prasarana wilayah yang berwawasan lingkungan;
  4. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih;
  5. Mewujudkan kehidupan masyarakat Maluku Tengah yang berakhlak mulia, rukun, harmonis, dan berbudaya;
  6. Memperkuat peran Perempuan dan Pemuda serta peningkatan prestasi olahraga.
 
LETAK GEOGRAFIS
Kabupaten Maluku Tengah memiliki luas sebesar 275.907 Km², terdiri dari wilayah lautan seluas 264.311,43 Km2 atau 95,80% dan daratan seluas 11.595,57 Km2 atau 4,20%, dengan panjang garis pantai 1.256.230 Km. Kabupaten Maluku Tengah berbatasan dengan : 
-  Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Seram
-  Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Banda
-  Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Seram Bagian Barat
-  Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Seram Bagian Timur
 
Secara Astronomi, Kabupaten Maluku Tengah terletak diantara 2°30’ LS – 7°30’ LS dan 250° BT – 132°30’ BT, dan memiliki jumlah pulau sebanyak 49 buah, dimana yang dihuni sebanyak 14 buah dan yang tidak dihuni sebanyak 35 buah, wilayah daratan yang ada, kecamatan Seram Utara memiliki luas wilayah yang lebih jika dibandingkan dengan kecamatan yang lain kemudian diikuti oleh Kecamatan Amahai, Kecamatan Seram Utara Barat, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan yang memiliki luas wilayah yang paling kecil yakni Kecamatan Nusalaut
 
TOFOGRAFI
Wilayah Kabupaten Maluku Tengah terdiri dari : Dataran, Pantai, Perbukitan dan Pegunungan dengan kelerengan yang bervariasi. Tercatat sebanyak 2 dataran, 3 gunung, 2 danau dan 161 buah sungai berada di wilayah Kabupaten Maluku Tengah.
 
KLIMATOLOGI
Secara umum kondisi iklim di Kabupaten Maluku Tengah didominasi oleh curah hujan yang relatif tinggi, yang ditunjukkan dengan kondisi vegetasi hutan yang rapat dan tumbuh subur. Kabupaten Maluku Tengah terbentuk tipe iklim hutan hujan tropis dan iklim musim, dengan curah hujan rata-rata tahunan yang tinggi. Seperti wilayah Indonesia lainnya, di wilayah ini hanya terdapat 2 musim dalam setahun, yaitu musim penghujan yang dimulai pada bulan Oktober dan musim kemarau yang dimulai pada bulan April, dengan bulan basah lebih lama dibanding dengan bulan kering. Kabupaten Maluku Tengah terletak antara Laut Pasifik dengan Laut Banda, sehingga sering terjadi pusaran angin dan arus laut, maka pada saat musim penghujan sering terjadi badai hujan (storm) yang sangat memungkinkan terjadinya banjir besar.
 
DEMOGRAFI
Populasi penduduk di Kabupaten Maluku Tengah pada tahun 2018 mencapai 424.952 jiwa, Dari jumlah tersebut laki-laki berjumlah 215.597 jiwa lebih banyak dari perempuan dengan jumlah 209.355 jiwa, dengan luas wilayah 11.599.57 Km2 kepadatan penduduk adalah 37 jiwa per Km2.
 
KETENAGAKERJAAN
Kondisi ketenagakerjaan di Kabupaten Maluku Tengah pada tahun 2018 memperlihatkan bahwa penduduk usia kerja sebanyak 252.476 jiwa, dengan jumlah angkatan kerja sebanyak 159.555 jiwa dan yang bekerja sebanyak 148.106 jiwa. Jumlah yang bekerja masih di dominasi oleh penduduk laki-laki sebanyak 94.353 orang sedangkan yang perempuan hanya 9.353 orang. Lapangan pekerjaan yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah lapangan pekerjaan Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, Perikanan,dan Peternakan yang melibatkan sebanyak 51.193 persen penduduk 15 tahun keatas yang bekerja. Yang menyerap pekerja terbanyak kedua dan ketiga adalah lapangan pekerjaan Perdagangan, Hotel, dan Restoran, kemudian lapangan pekerjaan Jasa Kemasyarakatan.