Scroll to top

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT SEMESTER I TAHUN 2022
User

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT SEMESTER I TAHUN 2022

Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (SKM) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Maluku Tengah Semester I Tahun 2022 adalah sebesar 88,74. Capaian nilai menunjukkan kinerja unit pelayanan berada dalam kategori “Sangat Baik” dengan nilai mutu layanan “A”.
 
Unsur pelayanan yang mencapai nilai mutu pelayanan “A” dengan kinerja pelayan “Sangat Baik” yaitu Unsur Persyaratan (U1), Unsur Waktu Pelayanan (U3), Unsur Biaya/Tarif (U4),  dan Unsur Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan (U9). Unsur pelayanan yang mencapai nilai mutu pelayanan “B” dengan kinerja pelayanan “Baik” yaitu Unsur Mekanisme dan Prosedur (U2), Unsur Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan (U5), Unsur Kompetensi Pelaksana (U6), Unsur Perilaku Pelaksana (U7) dan Sarana dan Prasarana (U8).
 
Dari 9 unsur yang dinilai diatas, unsur penanganan pengaduan, saran dan masukan (U9) mendapat nilai tertinggi dibanding dengan unsur yang lain dengan capaian nilai sebesar 97,73. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan penanganan pengaduan masyarakat dapat dijalankan dengan sangat baik oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Maluku Tengah sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Sedangkan unsur Sarana dan Prasarana (U8) mendapat nilai terendah dengan capaian nilai sebesar 82,27. Hal ini mengindikasikan bahwa Sarana dan Prasarana yang dimiliki oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Maluku Tengah belum memadai untuk mendukung proses pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat, sehingga unsur ini menjadi sorotan dan mendapatkan nilai terendah dari semua unsur pelayanan yang dinilai.
 
Semoga dengan hasil SKM ini akan mendorong Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Maluku Tengah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu layanan perizinan dan non perizinan kepada seluruh masyarakat.
 

TAGS: daerah

Write a Facebook Comment

Leave a Comments