Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Kabupaten Maluku Tengah

HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT SEMESTER I TAHUN 2023

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Maluku Tengah Semester I Tahun 2023 adalah sebesar 89,21. Capaian nilai menunjukkan kinerja unit pelayanan berada dalam kategori “Sangat Baik” dengan nilai mutu layanan “A”.
Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (SKM) DPMPTSP Kabupaten Maluku Tengah Semester I Tahun 2023 berada dalam kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan penilaian masyarakat terhadap ruang lingkup pelayanan perizinan di DPMPTSP Kabupaten Maluku Tengah secara umum masih sangat baik, namun masih ada beberapa unsur yang harus diperbaiki dan ditingkatkan lagi.
Dari ke 9 unsur pelayanan yang dinilai tercatat 6 unsur pelayanan mencapai nilai mutu pelayanan “A” dengan kinerja pelayanan “Sangat Baik” yaitu Unsur Persyaratan (U1), Unsur Mekanisme dan Prosedur (U2), Unsur Waktu Pelayanan (U3), Unsur Biaya/Tarif (U4), Unsur Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan (U5),  dan Unsur Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan (U9). Sedangkan 3 unsur pelayanan lainnya mencapai nilai mutu pelayanan “B” dengan kinerja pelayanan “Baik” yaitu Unsur Kompetensi Pelaksana (U6), Unsur Perilaku Pelaksana (U7) dan Sarana dan Prasarana (U8).
Untuk meningkatkan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat, maka 6 (enam) unsur pelayanan dengan kategori “Sangat Baik” diatas harus tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan, sedangkan untuk 3 (tiga) unsur pelayanan dengan kategori “Baik” ini harus menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan sebagai tindak lanjut perbaikan sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Pemenuhan terhadap unsur-unsur pelayanan yang belum maksimal harus menjadi perhatian bagi seluruh aparatur penyelenggara layanan untuk lebih ditingkatkan sesuai harapan masyarakat.